#sidebar #Feed1 ul li { background-color:#DEDEDF; border-bottom:1px solid #000; margin:0 0 0 0px; padding:5px; text-indent:0px; }
Wednesday, January 09, 2008

Bagaimana Membuat Website?

Website telah menjadi alat komunikasi efektif di era sekarang. Dari bentuknya yang masih sangat sederhana, berkembang menjadi banyak varian. Dari html biasa menjadi banyak script untuk menjalankannya, ASP, VB, PHP, Java.

Website sebenarnya sederhana, jadi sangat mudah untuk membuat website. Tak usah terlalu tahu tentang struktur xhtml, cukup pemakai frontpage dreamweaver, buat halaman blank, kemudian tuliskan sesuatu, seperti kalau menulis di ms word.

Beri nama document, simpanlah dalam format html. Upload ke hostingan gratis seperti brinkster atau geocities. Jadilah sebuah halaman website.

Sebuah halaman web sederhana, dengan pemformatan html biasa, sebenarnya sudah cukup untuk bisa menyampaikan gagasan anda. Keuntungannya juga, dengan halaman yang sederhana, akan lebih mudah di index oleh search engine. Namun kelemahannya, untuk website atu blog dengan frekuensi update teratur, akan sangat kerepotan bila setiap kali mau update tulisan, kita harus masuk ke account hosting. Kemudian mengupload tulisan satu-satu. Jadi repot kalau menyangkut halaman dengan jumlah banyak, puluhan, apalagi ratusan, seperti website berita.

Untuk menangani halaman yang rumit, maka dibutuhkan script untuk menjalankannya. Dengan script ini halaman akan menata sesuai peruntukan dan kategorinya. Kita hanya membuat beberapa halaman untuk index, penampil atau arsip. Dengan script, update tulisan menjadi lebih mudah.

Ada yang memakai script PHP, populer karena open source-nya, ASP dipakai oleh para pengembang under microsoft, yang terbaru ASP.net, generasi net, dengan pemrograman full visual basic atau c#, ada juga java, open source juga. Ada juga memakai java dengan server java server page (JSP).

Kalau anda tidak sempat belajar tentang script yang rumit, anda bisa memakai CMS gratisan: ada wordpress untuk blog, sepertinya paling populer, jomla, mamboo, phpnuke, drupal, aura CMS, semua dengan bahasa PHP, ada betaparticle untuk blog dengan script ASP.

Namun semua itu adalah script, hasilnya sama saja, sebuah halaman html yang akan diterjemahkan oleh browser. Karena yang akan dibaca oleh kita adalah html nya, maka secanggih apapun script harus bisa menerjemahkan menjadi sesederhana mungkin untuk dibaca oleh browser dan search engine. Itulah pendekatan programming dan design.

Seperti juga antara arsitek dan insinyur struktur, bekerjasama menghasilkan bangunan yang tak hanya indah, tapi juga kuat.Kerjasama antara designer web dengan programmer web akan menghasilkan halaman web yang tak hanya indah, tapi juga aman, mudah diakses. Indah bukan hanya di mata kita, tapi juga di mata search engine.

PENULIS: grenstevevai@gmail.com

Music blogs Top Blogs
 
posted by aRe u HaCkEr's at 12:16 AM |


0 Comments: