#sidebar #Feed1 ul li { background-color:#DEDEDF; border-bottom:1px solid #000; margin:0 0 0 0px; padding:5px; text-indent:0px; }
Thursday, March 01, 2007
.: RAM (Random Access Memory) :.
Random Access Memory itulah singkatannya. kalau kita mengartikan ke bahasa kita mungkin telah tergambarkan apa itu RAM. RAM adalah modul yang dapat mengakses sel memory manapun secara langsung.
berbeda dengan SAM (sequential Access Memory) yang hanya dapat mengakses data secara berurutan. ini membuat waktu kita terbuang lebih lama dibanding jika kita menggunakan RAM.
sebuah RAM telah dipasang beberapa IC (integrated Circuit) yang terdiri dari jutaan transistor dan kapasitor.
seperti bilangan biner kapasitor juga hanya mengenal bahasa 1 atau 0. sedangkan transistor bekerja jika ada perintah kapan kapasitor mulai bekerja atau mengubah statusnya.
tahukah anda bahwa satu kapasitor dapat menampung beberapa informasi? jika satu kapasitor telah terisi berarti kapasitor tersebut telah diisi oleh beberapa elektron. kecepatan pengisiannya pun cepat dan begitu juga sebaliknya. kecepatan pengosongan kapasitor pun sangat cepat.
untuk mengatur kecepatan, proses pengisian, serta pengosongan kapasitor di atur oleh memory controller. setiap detik telah terjadi ribuan kali pengisian dan pengosongan kapasitor. dengan bantuan DRAM (Dynamic RAM) kejadian itu telah terjadi ribuan kali. sel memory diukir pada lapisan silikon dalam deretan kolom dan baris. persilangan diantaranya mewakili alamat pada sel memory saat meulis, baris berisi status kapsitor yang seharusnya. saat membaca sense-amplifier menentukan tingkat sinyal dalam kapasitor. misalnya jika tingkat sinyal lebih dari 60 % maka akan dibaca 1 jika kurang maka dibaca 0. begitulah sedikit tentang RAM. jika belum puas dengan keterangannya silahkan kunjungi wikipedia.com
Music blogs Top Blogs
 
posted by aRe u HaCkEr's at 5:43 AM |


0 Comments: