#sidebar #Feed1 ul li { background-color:#DEDEDF; border-bottom:1px solid #000; margin:0 0 0 0px; padding:5px; text-indent:0px; }
Thursday, March 01, 2007


.: Sejarah MS-DOS :.
MS-DOS



Kali ini kita akan belajar sedikit tentang MS-DOS. Sebelumnya pasti ada yang bertanya-tanya. "Kenapa sih kita harus belajar lagi tentang DOS ?. Padahal sudah ada OS yang lebih keren !!" Pertanyaan itu adalah salah jika kita mempertanyakannya. Karena, sejarah windows diawali oleh OS yang berpenampilan apa adanya yang biasa kita sebut si MS-DOS. MS-DOS (Microsoft Disk Operating System) adalah produksi software dari perusahaan Microsoft pimpinan Bill Gates di Seatle Amerika. Tentu anda sudAh tau. Tapi tahukah anda bahwa sebelum MS-DOS telah lahir OS yang lain ?. CPM namanya. CPM dibuat oleh Gary Kindall dari pihak Digital Research untuk microprosessor intel 8080. Pada saat itu, CPM menjadi standar OS yang digunakan diseluruh komputer. Termasuk IBM PC-DOS.
Dengan lahirnya MS-DOS, maka CPM menjadi hilang di setiap komputer. Pada waktu itu MS-DOS telah menjadi standard OS di setiap komputer. Tapi tunggu dulu. Bukan begitu singkat ceritanya. Pada saat IBM berunding kepada Digital Research untuk menerapkan CPM di IBM PC, tidak menghasilkan persetujuan. Maka IBM memilih Microsoft menjadi pengembang PC-DOS.


memang pada saat itu bukan MS-DOS namanya sebelum microsoft membeli QDOS 0.10 dari Seatle Computer Products. Kemudian Microsfot menjual kepada IBM. Lalu IBM merubah namanya menjadi IBM PC-DOS. Tetapi dari pihak Microsft tetap menggunakan nama MS-DOS.
MS-DOS dan PC-DOS digunakan pada komputer 16 bit yang mririp dengan CPM dan mendekati si UNIX. Tahukah anda seperti apa komputer 16 bit itu?. Komputer 16 Bit dan 32bit adalah komputer seperti dirumah kita. Tapi kini telah lahir komputer 64 bit. Dan Insya Alloh saya juga akan membahas tentang prosesor 64bit pada pos yang akan datang.
Music blogs Top Blogs
 
posted by aRe u HaCkEr's at 6:26 AM |


0 Comments: